Subscribe Us

Header Ads

Merawat Busi Motor Tidak Cepat Mati


Beberapa waktu yang lalu ditempat kerja tiba-tiba si kembung mogok, setelah dilihat ternyata businya kotor tak terawat,mungkin untuk urusan yang satu ini saya agak bermalas-malasan. Niat saya sore itu adalah membeli busi baru tapi teman sehobi saya mengatakan utnuk tidak membuang busi bekas tersebut



Oia, bicara tentang membersihkan busi dari jelaga caranya sederhana bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi. Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang terlihat, bagaimana untuk bagian dalam yang tidak terlihat? Caranya gunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Lalu isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lakukanlah beberapa kali sampai dirasa sudah bersih. Karena dalam keadaan panas anda mungkin agak kesulitan untuk membersihkan busi juga salah satu penyebab umur busi pendek.



Jika busi rutin dibersihkan dan tidak sampai menunggu hingga vespa mogok seperti yang saya alami, dijamin busi lama waktunya samapai mati.
Beberapa yang menyebabkan busi cepat mati:
Kelistrikan kurang mendukung performa busi, diantaranya spul, koil, dan juga platina,
Jenis bensin yang digunakan, disarankan menggunakan bensin dengan oktan tinggi (jika mampu) seperti Pertamax, Pertamak Plus, dll
Ohya yang teman saya lakukan adalah merebus busi mati milik saya dengan waktu kurang lebih 20 menit, lalu merendamnya dengan minyak tanah, yang katanya akan bias digunakan dilain waktu.


Semoga bermafaat