Subscribe Us

Header Ads

Cerita Dibalik Nama Vespa dan MP6 Prototipe

Tawon, bentuknya seperti tawon, yak betul itu adalah vespa. Lantas bagaimanakah terciptanya nama Vespa? Berikut ceritanya.

Prototipe ini, MP6 itu, masih belum memiliki nama ketika pertama kali digagaskan kepada Enrico Piaggio, dengan bentuk seperti sebuah tawon. Tawon dalam bahasa Italia adalah VESPA. Gagasan yang disampaikan di akhir tahun  1945. Dan berproses sampai dengan  bulan April 1946, 15 bentuk model pertama yang disiapkan di pabrik Piaggio di Pontedera, dekat Pisa.

Prototipe MP6 bervariasi hingga tercipta versi final dalam hal ini terdiri tanpa kipas pendingin mesin, rem tangan berada di sebelah kiri bukan di sebelah kanan, bunyi klaksonnya berada di bawah kursi, landasan kaki yang terbuat dari aluminium, dan memasang lencana angkatan udara di bagian depan.

Dilatarbelakangi dengan ide bidang aeronautika yang terpasang pada chassis dengan pergantian gigi di setang. Penciptanya juga menempatkan penggerak pada roda belakang sehingga menciptakan roda yang menyatu dengan mesin. Lengan ayun suspensi depan, tampak sedikit seperti sebuah suspensi pesawat, membuat penggantian roda atau ban lebih mudah.

Sebuah silinder tunggal dengan mesin dua-stroke dengan silinder besi dan kepala silinder yang berbahan logam ringan.
Spesifikasinya adalah :



Nama : MP6 Prototipe
Tahun Produksi : 1945
Spesifikasi :
Di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- Mesin : 2 stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- Bore : 50 mm
- Stroke : 50 mm
- Top Speed : 37.28 Km/ Jam
- Transmisi : Chain atau cardan
- Rem : Drum
- Ban : 3.50-8