Subscribe Us

Header Ads

Sejarah dan Asal Mula Vespa Piaggio

Mungkin bagi kamu semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya vespa, tentu saja vespa adalah sebuah keunikan tersendiri dari begitu banyaknya varian motor didunia, terlebih dari bentuk, jenis, tahun pembuatannya, dan juga terutama dengan para penggemarnya terlebih dengan di Indonesia. Ogut sebagai salah satu penggemar si Montok ini kepincut gara-bentuk body dan mesinnya yang unik.

So, sebagai bahan informasi buat kamu yang pengen tau asal mula dari si Kaleng ini berikut Sejarahnya:



Sejarah Vespa


Asal mula sejarah vespa di mulai hampir seabad yang silam, oleh perusahaan yang berdiri di Genoa, Italia, pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio, perusahaan ini memproduksi mulai dari peralatan kapal,rel kereta,gerbong kereta,body truck,mesin ,kereta api, dan setelah perang dunia ke I (PD I) perusahaan ini membuat pesawat dan kapal laut.Perusahaan ini bernama Piaggio yang ternyata tidak langsung menjadi produsen vespa seutuhnya.


Ditahun- tahun berikutnya yakni pada tahun 1917, Piaggio membeli sebuah pabrik baru di Pisa, Italia dan berselang 4 tahun kemudian tepatnya 1921 perusahan ini menakuisisi sebuah perusahaan kecil di Pontedera di daerah Tuscany, Italia. Dimana Pontedera telah menjadi pusat pembuatan pesawat terbang beserta komponen-komponen lainnya seperti :baling-baling, mesin dan pesawat.

Enrico Piaggio anak dari Rinaldo Piaggio sang pendiri Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayah nya di akhir perang dunia ke 2, sebagai akibat dari dampak perang dunia dimana perekonomian Italia pada saat itu dalam keadaan yang krisis. Enrico memutuskan untuk mendesain dan membuat alat transportasi murah dan bekerjasama dengan D’Ascanio yaitu seorang insinyur di bidang penerbangan yang membuat helikopter modern pertama Piaggio,dan akhirnya mereka membuat revolusi kendaraan baru, dengan membayangkan kendaraan dengan menggunakan “monocoque” yaitu garpu depan yang menjepit ban seperti ban pesawat sehingga mempermudah untuk penggantian ban, dan hasil nya adalah sebuah desain, yang terinspirasi dari bentuk sebuah pesawat, yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan lain.


LAHIRNYA VESPA


Setelah melalui proses perbaikan dan penyempurnaan untuk dapat mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya. Maka lahir lah pertama kali produk motor dengan seri MP5 (moto piaggio 5) paperino pada tahun 1943. MP5 ini di sebut paperino,karna bentuk nya yang mirip dengan (donald duck) lalu D’Ascanio memperbaiki model tersebut, mengonsep dan mendesain ulang kendaraanya.
Dan lahir lah prototip MP6, dengan model yang baru,  lalu pada saat Enrico piaggio melihat prototip MP6 itu,dan secara tak sengaja  dia menyebut “sambra una vespa”( seperti lebah/tawon) akhirnya kendaraan ini dinamakan vespa,pada April tahun 1946 dan di produksi massal di pabrik Piaggio di Pontedera,Italia

VESPA DI INDONESIA

Lantas bagaimana bisa produk luar negeri macam Piaggio yang aseli dari negeri Pizza ini bisa masuk ke Indonesia? Masuknya si Piaggio sangatlah di pengaruhi oleh “vespa congo” yaitu varian vespa yang di berikan oleh pemerintah sebagai penghargaan kepada pasukan penjaga perdamaian Indonesia yang waktu itu bertugas di Congo.
Dengan banyaknya pengguna vespa yang mengendarai vespa congo di jalanan, maka dimulailah ”demam  vespa”  di Indonesia,sehingga banyak orang yang memilih vespa sebagai  salah satu pilihan  kendaraan roda dua di Indonesia. Bahkan mungkin hingga saat ini banyak sekali varian vespa di Indonesia, dan Indonesia juga menjadi salah satu  negara dengan populasi vespa terbesar di dunia, baik dari segi jumlah motornya ataupun dari jumlah penggemarnya.

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas komunitas-komunitas vespa yang berada di Indonesia, para pengendara vespa di Indonesia, memiliki rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang sangat erat atau bisa dikatakan Brotherhood yang kental antar sesama penggunanya, dilandaskan dengan kecintaan dan hobby yang sama terhadap vespa, mereka akan saling tolong – menolong jika vespa mereka rusak atau mogok, perilaku ini tidak hanya berlaku kepada sesama komunitasnya saja, tetapi kepada pengguna – pengguna vespa yang lain (yang mereka tidak kenal) ,dimanapun  vespa itu berada ,dan jenis apapun vespa yang di gunakan, para pengendara vespa akan saling membantu.

Mungkin itu saja yang dapat di beritakan untuk kamu semua,,
Semoga bermanfaat..